Selasa, 14 Juni 2016

ALIRAN-ALIRAN SENI

IMPRESIONISME
Impresionisme adalah sebuah aliran yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencahayaan yang kuat, dengan penekanan pada tampilan warna dan bukan bentuk
Aliran Impresionisme muncul dari abad 19 yang dimulai dari paris pada tahun 1860an. Nama ini awalnya dikutip dari lukisan Claude Monet

REALISME
Realisme merupakan aliran/gaya yang memandang dunia ini tanpa ilusi, apa adanya tanpa menambah
dan mengurangi objek. Proklamasi realisme dilakukan oleh dilakukan oleh pelopor sekaligus tokohnya yaitu Gustave Courber (1819-1877), pada tahun 1855. Dengan slogannnya yang terkenaL“Tunjukkan malaikat padaku dan aku akan melukisnya .Yang mengandung arti bahwa  baginya lukisan itu ialah seni yang konkret, menggambarkan segala sesuatu yang ada dan nyata
 Realisme secara luas
Dalam pengertian lebih luas, usaha realisme akan selalu terjadi setiap kali perupa berusaha mengamati dan meniru bentuk-bentuk di alam secara akurat. Sebagai contoh, pelukis foto di zaman renaisans, Giotto bisa dikategorikan sebagai perupa dengan karya realis, karena karyanya telah dengan lebih baik meniru penampilan fisik dan volume benda lebih baik daripada yang telah diusahakan sejak zaman Gothic.

ABSTRAKSIONISME
Seni abstrak adalah salah satu karya seni berbentuk kontemporer yang tidak menggambarkan objek dalam dunia sebenarNnya, tetapi menggunakan warna dan bentuk dalam cara non-representasional.
Louis Fichner dalam Understanding Art (1995) menyatakan, seni abstrak merupakan penyederhanaan atau pendistorsian bentuk-bentuk, sehingga hanya berupa esensinya saja dari bentuk alam atau objek yang diabstraksikan. Abstraksi, mengubah secara signifikan objek-objek sehingga menjadi esensinya saja.



NATURALISME
Pengertian Naturalisme
- Karya seni rupa yang teknik pelukisannya berpedoman pada representasi alam yang natural (termasuk manusia) untuk menghasilkan karya seni dengan meminimalisir distorsi.
- Seniman aliran naturalisme terikat pada proporsi , anatomi, perspektif, dan teknik pewarnaan untuk menghasilkan kemiripan lukisan sesuai dengan obyek yang di lihat mata.
- Naturalisme dipengarui dengan tingkat estetika dan budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar