Selasa, 29 Maret 2016

POP ART

Pop Art berasal dari kata Popular Art. Arti dari Pop Art adalah aliran seni yang memanfaatkan simbol-simbol dan gaya visual yang berasal dari media massa yang populer seperti koran, tv, iklan dll. Pop Art merupakan sebuah gerakan seni yang muncul di Inggris pada tahun 1950-an di awal-awal jaman post modern art, Jaman dimana semua orang mulai bosan dengan gaya Modern. Pop Art merupakan seni yang mendobrak batas-batas artian seni yang agung.

Ciri khas Pop Art adalah penggabungan foto serta permainan warna yang berani, kadang disertai penggunaan simbol-simbol untuk menyampaikan pesan si pembuatnya. Desain Pop Art seringkali menggunakan teks berukuran besar dengan stroke yang tebal.

Karakteristik Pop Art

•Pop Art diterapkan oleh teknik dan tema yang diambil dari budaya masa populer.
•Warna yang paling banyak digunakan ialah warna-warna primer dan warna komplementer yang mencolok, serta bermacam-macam warna high contras.
•Garis yang terlihat dari Pop Art jelas dan merupakan representasi simbol, menggunakan teks berukuran besar dengan outline yang tegas.
•Pada fesyen, Pop Art biasanya dibuat melalui teknik sablon atau saring.
•Menggunakan elemen yang terdapat di komik seperti balon.
•Pada dunia fesyen, Pop Art biasanya diaplikasikan pada sepatu, dan ikon seperti layout komik. Pada desain jacket dan t-shirt yang menggunakan ikon khas Pop Art seperti adanya gelembung dan tambahan kalimat.

SENIMAN POP ART

Seniman Pop Art yang paling terkenal adalah Andy Warhol, dengan karyanya yang menggambarkan wajah Marylin Monroe yang disajikan dengan warna-warna komplemen yang tegas. Andy Warhol adalah seniman Amerika, dialah yang dipercaya mulai mempopulerkan Pop Art di Amerika. 

TOKOH-TOKOH POP ART:

Roy Lichtenstein 
•Roy Lichtenstein mendasarkan karyanya pada buku komik. Lichtenstein mengambil frame gambar yang kecil dengan pola titik-titik warnanya, kemudian membesarkannya menjadi gambar yang monumental.


Andy Warhol
 
•Andy Warhol merupakan seniman Pop yang paling terkenal. Ia menggunakan budaya populer dan dunia periklanan sebagai sumber tema karyanya. Gambar objek-objek yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dibuat menjadi karya seni rupa yang penting.
 
•Karyanya tampak impersonal (tidak mempribadi)

Richard Hamilton
 
Merupakan tokoh yang penting dalam kelompok seniman London yang tertarik dengan budaya populer Amerika.
 •  Karya kolase Hamilton yang berjudul Just What Is It That Makes Today’s Home So Different, So Appealing?, dianggap banyak berisi unsur-unsur Pop Art yang muncul kemudian di Amerika Serikat. Kolase ini mengandung unsur-unsur seperti label dagang, logo produk, dan bagian yang ditonjolkan dalam buku komik. Bahkan kata pop muncul dalam karya ini.

Wedha Abdul Rasyid 
 
•Seorang illustrator dari tahun 1970
•Julukan “Bapak Illustrator Indonesia” dia menyumbangkan banyak kontribusi  di bidang illustrasi dan seni rupa
•Ia banyak membuat karya-karya fiksi dari potret tokoh dunia
• Wedha’s Pop Art Portrait à Pameran tunggal pertamanya pada tanggal 28 Oktober 2008


 

5 komentar:

  1. Yg karya bapak werdha nama/jenis pop art apa ya ? Trus kalau mau belajar bikin pop art seperti itu apa ada aplikasinya ?

    BalasHapus
  2. You could be surprised to know that a few photographers specialize in only a single facet of photography here, and you may do the exact same.

    BalasHapus
  3. However, it is now understood that the relationships between these elements in music are very important. If you are curious to get more details about andy warhol art, here you can get more information about it.

    BalasHapus